Kamus
Dewan Edisi Keempat mentaktifkan sosiologi sebagai kajian tentang perkembangan,
organisasi, kehidupan dan masyarakat manusia.
Secara umum, sosiologi adalah sebuah bidang ilmu yang mempelajari
tentang manusia sebagai mahkluk sosial dan interaksi yang terjadi di dalam
lingkungan masyarakat. Pembelajaran pula membawa maksud proses interaksi
peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar
yang meliputi guru dan siswa yang saling bertukar informasi.
Tiga
elemen yang sangat penting dalam topik ini adalah tiga teori utama iaitu Teori
Fungsionalisme, Teori Konflik dan Teori Interaksionisme. Teori Fungsionalisme
mengkaji perlakuan sosial atau institusi dalam kegiatan yang menyumbang kepada
penerusan masyarakat. Masyarakat dianggap seperti tubuh yang mempunyai bahagian
dengan fungsi tersendiri iaitu ada tujuan dan keperluan tertentu. Dalam hal
ini, struktur sosial akan menentukan kelancaran keharmonian dan perjalanan
masyarakat.
Teori
Konflik pula bertujuan untuk menganalisis konflik-konflik dalam masyarakat.
Konflik biasanya berlaku dalam struktur masyarakat. Menurut Karl Marx, Teori
konflik adalah salah satu perspektif di dalam sosiologi yang memandang
masyarakat sebagai satu sistem sosial yang terdiri dari bagian-bagian dan
komponen-komponen yang mempunyai kepantingan yang berbeda-beda dimana komponen
yang satu berusaha untuk menaklukan komponen yang lain guna memenuhi
kepentingannya masing-masing. Teori ini juga membincangkan persoalan mengenai
sama ada struktur-strukur masyarakat seperti ekonomi, pendidikan, politik,
sosial dan agama membawa kesejahteraan kepada manusia atau sebaliknya.
Teori
yang ketiga ialah Teori Interaksionisme. Teori ini dipelopori oleh George
Herbert Mead. Teori Interaksionisme menjelaskan bagaimana seseorang
menginterpretasikan dan bertindak menurut kemahuan masing-masing dalam
masyarakat. Ia juga mengkaji makna simbolik atau makna yang tersirat secara
subjektif. Ia melihat bagaimana makna yang simbolik digunakan dalam interaksi
manusia. Interaksi sosial amat penting dalam menghubungkan manusia dengan duni
luar.
Tuntasnya,
pengertian tentang sosiologi yang merangkumi kefahaman tentang Teori
Fungsionalisme, Teori Konflik dan Teori Interaksionisme harus dihayati dengan
lebih dalam oleh semua pendidik. Hal ini untuk memudahkan semua pendidik untuk
berinteraksi dengan masyarakat dan
memahami setiap perlakuan atau sikap anak didik mereka.
Rujukan
Mohammad Ali dan Mohammad
Asrori. (2010). Psikologi Remaja (Perkembangan Peserta Dididik). PT Bumi
Aksara. Jakarta.
Comments
Post a Comment